Revolusi Informasi


Revolusi Informasi
 
          Di era globalisasi ini, mendapatkan informasi sangatlah mudah. Dengan menggunakan komputer atau handphone (Hp) kita dapat memperoleh banyak informasi dari berbagai daerah dan negara secara cepat. Informasi yang disajikanpun bervariasi, mulai dari informasi yang bersifat umum seperti teknologi, sosial, politik, budaya, agama dan lain – lain maupun informasi yang bersifat personal seperti status teman di media sosial. Cepatnya informasi yang  menyebar keseluruh dunia di sebabkan oleh revolusi informasi.

          Revolusi informasi Secara bahasa terdiri diri dari 2 kata yaitu revolusi dan informasi, revolusi ialah perubahan yang cukup mendasar dalam suatu bidang sedangkan informasi ialah kabar atau berita tentang sesuatu. Secara istilah revolusi informasi adalah perubahan atau pengembangan dalam menyampaikan suatu pemberitahuan. Latar belakang terjadinya revolusi informasi di karenakan perkembangan cara berfikir manusia dan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang di maksud ialah dengan di produksinya kertas dan sekarang informasi bisa didapatkan dengan mudah melalui internet.

Revolusi informasi tidak langsung berkembang secara pesat tetapi ada tahapan atau fase dalam perkembangannya. Adapun tahapan atau fase dalam revolusi informasi sebagai berikut:

1.      Media orang
Pada masa sebelum di temukannya kertas, orang – orang zaman dahulu menyebarkan informasi melalui omongan (berbicara) kepada orang lain dan orang tersebut menyebarkankannya kepada orang lain juga dan seterusnya sampai informasi tersebut terdengar oleh semua orang. Biasanya cara ini di gunakan saat sebelum berperang dengan kerajaan lain untuk membuat fitnah di kalangan kerajaan lawan guna memberi tekanan terhadap lawan.

2.      Media cetak
Dengan di produksinya kertas maka informasi dapat disampaikan secara lengkap karena apabila penyebaran informasi di lakukan melalui media dari orang ke orang lain, ada kemungkinan bahwa informasi tersebut kurang lengkap. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, faktor – faktor tersebut yaitu :

a. Orang yang menyampaikan informasi suaranya pelan sehingga orang yang mendegarkan informasi tersebut mendapatkan informasi yang kurang lengkap.
b.     Orang yang mendapatkan informasi pendengarannya kurang bagus.
c.    Adanya keraguan dalam menyampaikan informasi tersebut karena samar – samar ingatannya. 

3.      Media elektronik
Perkembangan pengunaan elektronik sebagai media penyebaran informasi lebih efektif terutama melalui alat elektronik radio karena orang yang menerima informasi tersebut cukup mendengarkan saja. Hal ini karena masyarakat sebelum abad 21 atau pertengahan abad 20 terutama masyarakat nusantara masih banyak yang belum bisa membaca. Selanjutnya pada seperempat akhir abad 20 mulai adanya televisi (Tv), dengan adanya Tv kita dapat membaca, mendengarkan serta tahu gambaran dalam informasi tersebut.

4.      Media Internet
Internet dapat di akses melalui banyak perangkat mulai dari komputer, laptop, Hp, Tablet (Tab) bahkan Tv sekarang juga bisa mengakses internet. Informasi yang di dapatkan melalui akses internet sangat banyak sekali dan informasi yang di cari hampir selalu di temukan karena hampir seluruh negara menyebarkan informasi  melalui internet
           
           Revolusi informasi berbeda dengan revolusi industri 4.0 karena yang dicapai atau dihasilkan dalam revolusi industri 4.0 ialah pemanfaatan data. Data – data tersebut akan dikelola sedemikian rupa sehingga mendapatkan laba (keuntungan) sedangkan revolusi informasi lebih di tekankan kepada perkembangan dalam menyebarkan informasi tersebut.

Sumber:

      - KBBI V (aplikasi di playstore) 



Terima kasih sudah membaca artikel dan mohon untuk memberi kritik dan saran agar dapat memperbaiki kesalahan – kesalahan terhadap penulisan artikel.

Comments